Kamis, 28 Juni 2018

Lomba Mading PMR, Ajak Pelajar Siaga Bencana



JakartaCNN Indonesia -- Warna-warni pernak-pernik berbagai jenis majalah dinding (Mading) dengan tema dan pesan ''Ayo Siaga Bencana" dan "Remaja Sehat Peduli Sesama" (RSPS) berjajar di Aula kampus Universitas Suryakencana Cianjur, Jawa Barat. Hal ini mewarnai Kemeriahan lomba para generasi muda sukarelawan PMI dalam ajang Pekan Perlombaan PMR Korps Sukarela (P3K) Universitas Suryakencana. 


Kemeriahan lomba majalah dinding (mading) dua dimensi yang dibuat oleh para anggota Palang Merah Remaja (PMR) baik PMR Madya/SMP maupun PMR Wira/SMA se-Jawa Barat itu mengundang antusias banyak peserta dari berbagai unit sekolah yang mengirimkan para peserta terbaiknya masing masing. Berbagai buah karya ditampilkan dengan memainkan tema dan pesan kemanusiaan.



"Kegiatan ini bertujuan menciptakan remaja yang tangguh dan meningkatkan jiwa kepedulian sesama dan memupuk jiwa kemanusiaan khususnya para anggota Palang Merah Remaja (PMR) di setiap sekolah," kata Rektor Universitas Suryakencana Prof. Dr. H. Dwidja Priyatno, dalam sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan ini.



Menurutnya, event yang merupakan rangkaian dies natalis civitas akademika mahasiswa Unsur ini, merupakan ajakan kepada seluruh peserta untuk lebih meningkatkan kepedulian sesama sejak dini. Dia berpesan dalam perlombaan ini mengajak para peserta menjaga sportivitas, kerjasama, serta selalu memperhatikan kesehatan setiap masing masing tim sekolahnya.



Sementara itu, Hery Hidayat, Kepala Markas PMI Cianjur mengatakan, kegiatan lomba ini dilaksanakan oleh Unit kegiatan mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) unit perguruan tinggi Unsur Cianjur sebagai program tahunan, untuk bahan evaluasi bersama materi materi kepalangmerahan dan ajang peningkatan kapasitas para sukarelawan muda PMI yang tergabung melalui kegiatan PMR.



"Dalam perlombaanya tak hanya mata lomba jenis mading saja, berbagai mata lomba lainnya pun digelar, seperti Lomba Pertolongan Pertama, Tandu darurat, PMR Pintar, dan Mojang jajaka (Moka) PMR," kata Hery.



Lebih lanjut Hery mengatakan, tujuan utama diadakannya event ini adalah sebagai ajang evaluasi dan edukasi seputar materi kepalangmerahan. Juga diharapkan mampu memupuk rasa persaudaraan antar sesama relawan serta memotivasi para anggota PMR untuk lebih giat berlatih dan mengembangkan organisasinya dalam melanjutkan berbagai kegiatan kemanusiaan.



Sementara itu salah satu peserta dari perwakilan PMR SMAN 1 Cianjur, Kuvita, mengatakan, senang menjadi perwakilan dalam kegiatan lomba mading ini. Selain bisa mengembangkan minat dan hobinya dalam karya seni mading dan menggambar, dia bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan para anggota PMR lainnya di acara ini.



Hal senada diungkapkan Annisa, pelajar dari perwakilan SMK Tunas Harapan Bangsa (THB). Dia mengungkapkan kegemarannya dalam membuat karya mading. Melalui mading ini dia dapat memberikan pesan kepada teman teman sebaya lainnya akan pentingnya menolong sesama dan kesiapsiagaan bencana di sekolah. (ded/ded)

Artikel Terkait

Lomba Mading PMR, Ajak Pelajar Siaga Bencana
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email